SubhanaLLah Anak Umur 5 Tahun Hafal AL-QUR'AN

Diposting oleh Header Value pada 23:27, 10-Apr-12

Di: Islami

coverbukuhusein.jpg

Sayyid Muhammad Husein Thabataba'i , mulai belajar al- Qur'an sejak umur 2 tahun dan berhasil menghafal 30 juz pada usia 5 tahun.

Ada buku yang berjudul Doktor Cilik Hafal dan Paham Al-Quran .

Buku ini menceritakan seorang anak kecil yang baru berusia 7 tahun tetapi sudah hafal dan paham Al-Quran. Anak kecil ini bahkan bisa memahami Al- Quran walaupun bahasa ibunya bukan bahasa Arab, anak ini bernama Sayyid Mohammad Hussein Tabātabā’i.

Pada Bulan February 1998, di Kerajaan Inggris tepatnya di Hijaz College Islamic University Husein yang waktu itu baru berusia 7 tahun menjalani ujian doktoral. Ujian yang harus dilaluinya terdiri dari 5 bidang :

*Menghafal Al- Quran dan menerjemahkan dalam bahasa ibu (persia)
*Menerangkan topik ayal Al-Quran
Menafsirkan dan menerangkan ayat Al-Quran dengan ayat lainya dalam Al-Quran
*Bercakap-cakap dengan menggunakan ayat-ayat Al-Quran
*Menerangkan makna Al-Quran dengan metode isyarat tangan

Setelah menjalani ujian selama 210 menit, akhirnya tim penguji memberi nilai 93.
Dimana nilai ini mengukuhkanya sebagai Doktor Honoris Causa.
Standard Penilaian :

-60 – 70 Sertifikat diploma
-70 – 80 Sarjana Kehormatan
-80 – 90 Magister Kehormatan
-90 ketas Doktoe Kehormatan (honoris cause)

Pada tanggal 19 Februari 1998 Husein menerima ijazah Doktor Honoris Causa dalam bidang Science of The Retention of The Holy Quran.
Buku ini juga disertai VCD yang isinya forum-forum baik di dalam negeri (Iran) maupun di luar negeri yang menceritakan bagaimana bocah cilik ini menunjukkan kehebatanya dalam menghafal dan memahami al_qur'an

Buku ini juga bercerita tentang masa kecil Husein, dimana kedua orang tuanya juga seorang penghafal Al- Quran. Pada Usia 2 tahun 4 bulan Husein sudah menghafal juz 30 (Juz ‘Amma) secara otodidak, hasil dari rutinitasnya dalam mengikuti ibunya yang menjadi penghafal dan pengajar Al- Quran.

Berikut adalah beberapa dialog dalam buku itu yang menunjukkan kepiawaian bocah ini dalam memahami Al- Quran dan menggunakan ayat-ayat Al-Quran dalam percakapan sehari-hari, dialog ini dilakukan sepulang husein mendapat gelar Doktor dari Inggris :
Penanya:
Bagaimana ujian yang kamu lalui di Inggris ?
Husein:
” Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” ( QS 94:6 )
Penanya:
Apa Tanggapan orang2x di sana ( Inggris ) dalam acara2x Qurani-mu?
Husein:
” Mereka Tertawa ” (QS 83:34) [ Maksud Husein org2x di Inggris tuh merasa senang/bahagia]
Penanya:
Jika kamu ditanya orang, ‘ buat apa engkau ke inggris ‘ ? apa jawabanmu ?
Husein:
” Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu ” ( QS 5:67 ) [ yang dimaksud Husein adalah dia ke Inggris untuk menyampaikan ayat-ayat al-Quran ].
Penanya:
Engkau belum lulus SD, bagaimana mungkin mendapat gelar doctor ?
Husein:
” Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka ” ( QS 3:170 ). [maksudnya, semua itu adalah karunia Allah]
Penanya:
Bagaimana Ilmu itu diajarkan ?
Husein:
” Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh (berjihad) untuk Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.”(QS 29:69) [maksud Husein, bila manusia berusaha mencari dengan bersungguh2x, maka Allah akan membuka jalan ilmu baginya.]
Penanya:
Kapan engkau akan menikah?
Husein:
(sambil tersenyum)” Dan apabila anak-anak telah sampai umur baligh, maka hendaklah mereka meminta izin. ” ( QS 24:59) [maksud Husein akan menikah jika umurnya sudah baligh]

Dan masih banyak lagi dialog2x yang dijawab oleh Husein menggunakan ayat2x Al Qur’an,diantaranya:
Penanya:
Apa kabarmu..?
Husein:
”Dan penutup doa mereka ialah Alhamdulillahi Rabbil‘aalamin ” ( QS 10:10).
[Maksud Husein, kabarnya baik2x saja, dan untuk itu, segala puji bagi Allah Pemilik Semesta Alam.]
Penanya:
Di manakah Tuhan?
Husein:
”Maka ke mana pun kamu menghadap di situlah wajah Allah.”( QS 2:115)
Penanya:
Ayat mana dalam Al-Quran yg paling engkau sukai?
Husein:
”Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya deritaanmu, sangat menginginkan (Keimanan dan Keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.”(QS 9:128)

Berikut ini endorsment di cover belakang buku: “Keteladanan menjadi kunci utama dalam proses pendidikan, tanpa keteladanan pendidikan hanya akan menjadi transfer of knowledge tapi tidak transfer of value. Kisah dalam buku ini sangat baik untuk dijadikan 'ibrah (pelajaran) dalam hidup dan kehidupan kita.” ~Dr Arief Rachman, MPd – Pakar Pendidikan

“Saya telah menggeluti Al- Quran selama lebih dari 20 tahun, namun kini kembali menjadi murid yang harus menulis catatan di buku pelajaran. Apa pun yang ia (Husein) katakan, saya catat.
Saya dengan bangga menyatakan diri sebagai murid dari guru yang masih berusia 5 tahun ini!”
~ Ayatullah Mohsen Qiraati,
Mufassir Kontemporer Iran.
“Sayyid Husein memiliki kemampuan yang sangat menakjubkan dan para peneliti seharusnya melakukan penelitian mengenai bagaimana metode Husein dalam menghafal dan memahami Al-Quran.”
~ Ayatullah Hashemi Rafsanjani

Untuk lebih lengkap cara mendidik anak seperti Husein, silahkan baca bukunya.

Penulis buku ini juga menyekolahkan anak putrinya di kelas Jamiatul Quran Teheran.

Sedangkan website Doktor Cilik ini bisa diakses di:
sini

Dan untuk download videonya silahkan masuk di sini

Semoga sangat Bermanfa'at.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

23 tanggapan untuk "SubhanaLLah Anak Umur 5 Tahun Hafal AL-QUR'AN"

Kamseupay pada 23:33, 10-Apr-12

pertamax gan,

Indraone pada 23:40, 10-Apr-12

Syubhanalloh . .
Ane Udh umur 19 thn, juj amma pun tdk faham. .

Hikayat Newby pada 23:41, 10-Apr-12

Bangga sob.....!
Tp gue malu sma th anak....
sad

Gaara Guci pada 00:19, 11-Apr-12

posting yg bgus,ronda mlam sob

Gaara Guci pada 00:19, 11-Apr-12

posting yg bgus,ronda mlam sob

Fhyta_M pada 00:35, 11-Apr-12

jNice postbiggrin
Kunbal ea
Http//nafhyta.Heck.In

'Oentz'™ pada 00:57, 11-Apr-12

absen tngah mlem sob...

Jalyan_zhula™ pada 03:27, 11-Apr-12

Folback lancar sob,,sukses selalu

Miauw  bassiesT pada 08:28, 11-Apr-12

Subhanallah, jarang anak kecil yg bisa sob. Nice post mrgreen

Ady Arajang™ pada 11:13, 11-Apr-12

absen siang sob,,,

mantaf artikelnya,,,wink

Sarilah pada 11:28, 11-Apr-12

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Subhanallah,mudah2an anakku bisa hafal dan dapat menerapkan alquran dalam kehidupan.

WarPen pada 12:19, 11-Apr-12

@kamseupay, itulah yg di cari2 hehe

@indraone, habis gak mau hafalan cie.. wink pis..

@hikayat newby, bagus tu sob.. Cpa tau besok anak trun kita di beri anugrah bisa hafal alqur'an.. Yg pnting qita berusha, lok kita gak di beri, pasti jatuhx pda anak cucu kita..

@gaara guci, makasih dh mampir sob.. Mga sukses selalu..

@fhyta_m, woke, ntar psti knbal..

@'oenty, makasih za dah mau kt4 q..

@jalyan_zhula, thank'z masta..

@miauw, semua itu adalh fadlol yg di berikan oleh allah..

@ady arajang, gak krja za sob.. Mkasih bnyak dh kunjung

@sarilah, wa'alaikumussalam wrhmtllahi wbarktuh, somoga aja mbak.. Q jga berharp anak ccu q kelak di beri fadlol olh allh asa hafal alqu'an serta fham isi kandunganx.. Amin...

WarPen pada 13:05, 11-Apr-12

@ROJACK FREE, woke.. mkasih za?

S60V5 APLIKASI | GAMES | THEMES pada 13:50, 11-Apr-12

maff tlat sob.sbuk di dunia nyata nih. thx yaahhh

Ryan pada 15:18, 11-Apr-12

subhanalloh.....allohu akbar...
Kapan ane bisa kyk anak itu...

Surya Kunta pada 15:33, 11-Apr-12

subhanallah! biggrin eek

WarPen pada 17:29, 11-Apr-12

@S60V5 APLIKASI, gpp sob.. saya jg sbuk di dnia yta nie.. ma,af jga za lok jrg knbal..

@Ryan, lok mau bersungguh2 q yqin pasti cpet bisa sob..

@surya kunta, itulah fadlol allah....

Siti Keila Kirana pada 09:24, 12-Apr-12

rahasia ilahi...

WarPen pada 11:56, 12-Apr-12

@siti keila kirana, itlah kekuasa,an illah..

asikinetter pada 19:15, 12-Apr-12

[color=blue]salah satu bukti kebenaran Qur'an Alkarim[/color]
enamribu enamratus enampuluh enam ayat.. Mampu dihafal dan diamalkan krn memang Allah sdr sudah berjanji akan menjaga kesucian Qs Alkarim. Salah cara adalah selalu ada org2 yg mampu hafal disetiap zaman.
[url=http://asiki.wen.ru].[/url]
trims

WarPen pada 19:49, 12-Apr-12

@asikinetter,
semua itu adlh fadlol dri allah...

icha pada 09:03, 27-Nov-12

bagaimana caranya?bagi-bagi dong!

zulfah oemyhoney pada 15:25, 20-Apr-13

jadi..pengen.............

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)